SEKILAS TENTANG YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM (YPI) BAITUL ‘IZZAH

Sebagai jawaban atas kekhawatiran orang tua dan kebutuhan akan pendidikan yang Islami dan berkualitas, maka pada tahun 1999 Ta’mir Masjid Baitul ‘Izzah mendirikan sebuah yayasan yang bergerak dibidang pendidikan dengan nama Yayasan Pendidikan Islam Baitul ‘Izzah dengan akte notaris Rudy Effendi No 7 tanggal 8 Juli 1999. Pendirian yayasan tersebut merupakan suatu kebutuhan yang mutlak perlu karena pada tahun itu pula telah berdiri Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Baitul ‘Izzah, dan salah satu syarat untuk mendirikan lembaga pendidikan pra sekolah (TK) harus ada yayasan yang menaunginya.  Pendirian TKIT Baitul ‘Izzah merupakan pengembangan dari lembaga pendidikan non formal yang terlebih dulu ada yaitu Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Baitul ‘Izzah.

Pengurus YPI Baitul ‘Izzah pada awal berdirinya mengambil dari kepengurusan Ta’mir Masjid Baitul ‘iIzzah yang berada di lingkungan kelurahan Kauman Jl. Gatot Subroto No. 1A Nganjuk. Mereka ini adalah tokoh masyarakat perintis berdirinya Masjid Baitul ‘Izzah di lingkungan kelurahan Kauman. Sehingga sejak awal berdiri, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Baitul ‘Izzah Nganjuk tidak berada pada naungan organisasi sosial manapun.

Seiring dengan berkembangnya lembaga pendidikan formal dan menangkap kebutuhan masyarakat Nganjuk akan lembaga pendidikan Islam yang terpadu di wilayah Nganjuk, maka pada tahun 2001 YPI Baitul ‘Izzah bersama tokoh-tokoh yang punya kepedulian dengan dunia pendidikan Islam mendirikan SD Islam Terpadu sebagai jenjang kelanjutan TK Islam Terpadu Baitul ‘Izzah yang telah 2 tahun berdiri.

Dengan kepengurusan yang ada dirasakan kurang memungkinkan menangani lembaga pendidikan formal tingkat dasar yang diharapkan dapat berkembang, maka YPI Baitul ‘Izzah membentuk Badan Penyantun terdiri 3 orang, yaitu dr. H. Muhammad Nurhadi, M.Kes., H. Zaini Ahmad dan Gigih S R. Badan Penyantun ini membantu YPI Baitul ‘Izzah dalam upaya pengembangan sarana dan prasarana sekolah, perintis persiapan berdirinya sekolah, mengevaluasi dan menetapkan kebijakan-kebijakan umum sekolah serta mengawal terpeliharanya visi dan misi sekolah.

Pada bulan Juni 2005 diadakan reorganisasi kepengurusan Yayasan Pendidikan dan Ta’mir Masjid Baitul ‘Izzah. Badan Penyantun membubarkan diri dan personilnya melebur pada kepengurusan Yayasan yang baru. Kepengurusan YPI Baitul ’Izzah yang cukup solid ini berhasil ini telah berhasil mengembangkan amal usahanya di bidang pendidikan, pada tahun 2008/2009 mendirikan SMP Islam Baitul ’Izzah sebagai jenjang kelanjutan SDIT Baitul ’Izzah. SMPI Baitul ’Izzah ini didirikan pada lokal baru yang terletak di jalan Wilis Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk.

Pada tanggal 9 Februari 2009 Pengurus YPI Baitul ‘Izzah telah mengadakan rapat / musyawarah reorganisasi pengurus dengan lebih banyak melibatkan stakeholder yang ada di lingkungan lembaga Baitul ‘Izzah seperti dari unsur pendiri masjid maupun yayasan, pengurus ta’mir masjid Baitul ‘Izzah, orang tua murid, dunia usaha, dan tidak ketinggalan dari kalangan akademisi kampus UNESA Surabaya. Adapun susunan pengurus YPI Baitul ‘Izzah saat ini adalah sebagai berikut:

PENGURUS YPI BAITUL ‘IZZAH NGANJUK

TAHUN 2009 – 2014

Penasehat           : – H. Imam Fachrurrazi, SH

– H. Thalib Ishaq

– H. Hadiyudin

Ketua                 : dr. M. Nurhadi M.Kes

Wakil Ketua I      : Drs. Kusriyanto

Wakil Ketua II      : Drs. Yusuf Syafi’i

Sekretaris                    : H. Zaini Ahmad

Bendahara I        : Umi Farida, ST

Bendahara II       : Silvi Thalib

Melihat sejarah berdirinya dan komposisi kepengurusan di lingkungan YPI Baitul ‘Izzah, jelaslah bahwa keberadaan lembaga ini sama sekali bukan milik perseorangan/kelompok organisasi tertentu serta tidak berafiliasi pada golongan tertentu. Keberadaan lembaga ini adalah netral, untuk seluruh umat  Islam di Nganjuk dan hanya berorientasi pada kepentingan da’wah Islamiyyah guna meneruskan penyebaran risalah Rasulullah SAW lewat jalur pendidikan.

Menyadari akan perkembangan jaman yang semakin maju dan mempersiapkan generasi Islam agar mampu menghadapi persaingan global dan mampu menyesuaikan diri di belahan dunia mana pun dan dalam budaya apa pun tanpa meninggalkan prinsip aqidah Islamiyah, menjadi motivasi pada segenap pengurus baru YPI Baitul ’Izzah untuk menemukan terobosan baru sebagai upaya meningkatkan layanan kepada publik. Maka pada tahun 2009 ini YPI Baitul ’Izzah telah menandatangani MOU dengan Unit Pengembangan Sekolah Laboratorium (UPSL) Universitas Negeri Malang. Sehingga mulai tahun ajaran baru 2009/2010 SDIT Baitul ’Izzah selain menerapkan kurikulum Standar Nasional dan kurikulum khas Baitul ’Izzah juga menerapkan kurikulum Standar Internasional dari Cambridge International Examination Inggris. Khusus kurikulum internasional ini di mulai pada jenjang kelas satu.

 

@ TUJUAN PENDIDIKAN YPI BAITUL ‘IZZAH

  1. Terwujudnya lembaga pendidikan Baitul ‘Izzah yang mampu mengintegrasikan pelajaran umum dan pendidikan agama sebagai suatu upaya mengantisipasi tuntutan sumber daya manusia yang handal di masa depan.
  2. Menyediakan sarana dan prasarana untuk melaksanakan proses  pendidikan yang diharapkan dapat membina generasi Islam sejak dini agar terbentuk kader umat yang cerdas, terampil dan bertaqwa sehingga mampu menghadapi dampak negatif dari era globalisasi
  3. Sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang mengoptimalkan dan mengembangkan potensi fitrahnya ke arah terbentuknya  siswa yang bersikap Islami, berpengetahuan tinggi, beraqidah lurus berakhlaqul karimah dan berkepribadian kuat. Sehingga mampu memberikan kontribusi yang optimal bagi bangsa dan negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s