PROFIL SDIT BAITUL ‘IZZAH

A.   VISI DAN MISI SDIT BAITUL ‘IZZAH

  1. a. Visi:

Terbinanya Generasi Muslim yang Cerdas, Berprestasi dan Berakhlaqul Karimah

Indikator Visi :

  1. Generasi yang cerdas dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman
  2. Berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik
  3. Berfikir, bertutur dan bertindak berdasarkan nilai-nilai Islam.
  4. b. Misi
    1. Melaksanakan proses pendidikan yang komprehensif ( IQ, EQ, SQ) agar siswa cerdas dalam menghadapi tantangan zaman.
    2. Menjadikan sistem pendidikan yang terpadu dengan pengamalan nilai-nilai Islam.
    3. Menjadikan lembaga pendidikan sebagai sarana da’wah

B.   SISTEM PENDIDIKAN

  1. Sistem Terpadu yang berarti:

&   Kurikulum sekolah yang terpadu antara kurikulum pendidikan umum (Diknas) dan pendidikan Agama (Depag dan TPA)

&   Memadukan semua materi pengajaran umum dengan nilai-nilai agama dalam setiap proses belajar mengajarnya

&   Terdapat integritas dari materi kurikulum dengan program kegiatan yang diadakan.

&   Mengupayakan keterpaduan antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di rumah

  1. Sistem Full Day Education, yang berarti siswa setengah hari berada di sekolah, tetapi proses pendidikan tetap berlanjut dirumah dengan pembiasaan dan lingkungan yang medukung, sehingga dikatakan proses pendidikan anak berlangsung selama sehari penuh.
  2. Sistem Conditioning,  menerapkan model pembiasaan pada siswa untuk selalu berakhlaq baik, terbiasa beribadah dengan baik bukan hanya disaat menerima pelajaran di kelas tetapi juga di luar kelas.
  3. Sistem pendidikan yang mengedepankan kecerdasan Intelektual (IQ), kecerdasan Emosional (EQ) dan kecerdasan Spiritual (SQ)
  4. Pengajaran dengan sistem Active Learning, pembelajaran yang lebih mengedepankan siswa aktif.
  5. Mengembangkan kurikulum yang bersifat Life Skill (ketrampilan hidup), sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Model pembelajaran yang mengedepankan pada kompetensi yang meliputi aspek kognitif, psikomotorik dan afektif sesuai dengan Kurikulum KTSP 2006 & PAKEM
  7. Mengembangkan model pendidikan dengan pendekatan transformatif melalui strategi pembelajaran yang tepat untuk membentuk ketrampilan berpikir anak.
  8. Proses pembelajaran dikemas dalam susana yang menyenangkan (Joy Full Learning)

10. Pembelajaran berbasis multi media

C.  TUJUAN DAN TARGET SEKOLAH

1.  Penguasaan Pengetahuan dan Ketrampilan Dasar:

&   Penguasaan pengetahuan materi pokok program pendidikan nasional

&   Mengetahui dan terampil dalam beribadah sehari-hari

&   Mengetahui dan terampil membaca dan menulis Al Qur’an

&   Memahami secara sederhana isi kandungan Al Qur’an menjadi amaliyah sehari-hari

2.   Pembentukan sikap dasar yang Islami

&   Penanaman aqidah yang kuat dan lurus

&   Pengetahuan dan pembiasaan berakhlaqull karimah

&   Menumbuhkan sikap ihsan

&   Pembiasaan berbudaya Islami, yaitu gemar beribadah, belajar dan mengaji, berdo’a berinfaq, peduli sesama, disiplin, kreatif dan adab-adab Islami lainnya.

3.   Hafal Al Qur’an juz 30 (juz ‘amma) dan surat-surat pilihan

  1. Hafal do’a sehari-hari dan mempraktekkannya
  2. Nilai raport dan UAS minimal rata-rata 7,5
  3. Membentuk ketrampilan berpikir anak untuk menghadapi kehidupan abad XXI yang bercirikan kompetitif.
  4. Penyaluran minat dan bakat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler
  5. Menyediakan sarana dan layanan yang menunjang proses pendidikan.

@ PROGRAM PENGAJARAN SDIT BAITUL ‘IZZAH

D.1. Kurikulum

Sesuai dengan visi yang ingin dicapai maka kurikulum SDIT  Baitul ‘Izzah meliputi materi kurikulum Pendidikan Nasional (KTSP 2006) dan materi kurikulum khas SDIT Baitul ‘Izzah yang bersumber dari Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu, DEPAG dan TPA.

STRUKTUR KURIKULUM SDIT BAITUL ‘IZZAH

No. Mata Pelajaran I II III IV V VI
1. 

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

16.

Al Islam * 

Pendidikan Kewarganegaraan

Bahasa Indonesia

Matematika

I P A

I P S

Seni Budaya & Ketrampilan

Pendidikan Jasmani & Kesehatan

Muatan Lokal (Bhs. Jawa)

KHAS SDIT

Ibadah Praktis

Hafalan Al Qur’an dan Do’a

Baca Tulis Al Qur’an

Sempoa

Bahasa Inggris

Bahasa Arab

Keterampilan/Komputer

3 

2

6

6

2

2

2

2

2

2

5

5

2

2

2

3 

2

6

6

2

2

2

2

2

2

4

5

2

2

2

2

3 

2

7

7

4

3

2

2

2

2

3

4

2

2

2

2

3 

2

7

7

4

3

2

3

2

2

2

3

2

2

2

2

3 

2

7

8

4

4

2

3

2

2

2

3

2

2

2

3 

2

7

8

6

4

2

3

2

2

1

1

3

2

2

JUMLAH 47 46 49 48 48 48
  1. Kelas 1, 2, 3 pendekatan tematik,  dengan alokasi waktu seperti diatas.
  2. Kelas IV, V dan VI pendekatan mata pelajaran.
  3. Mapel no 1 – 9 kurikulum Diknas, no 10  – 16  kurikulum khas SDIT Baitul ‘Izzah

Al Islam *  berisi materi diknas plus hadits, sirah Nabi dan Sahabat

Mulai tahun ajaran 2009/2010 SDIT Baitul ’Izzah selain menerapkan kurikulum tersebut di atas juga menerapkan kurikulum Standar Internasional dari Cambridge International Examination Inggris. Khusus kurikulum internasional ini hanya meliputi 3 mata pelajaran yaitu mata pelajaran matematika, sains dan bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan pembelajaran yang dimulai pada jenjang kelas satu.

D.2. Kegiatan Intrakurikuler

1.   Pengajaran di dalam dan luar kelas dengan sistem active leraning dan PAKEM.

  1. Tadabbur Alam satu semester sekali (pengembangan EQ dan SQ)
  2. Sempoa sebagai penunjang pelajaran matematika
  3. Kegiatan bakti sosial untuk melatih kepedulian pada sesama, diadakan pada saat

memperingati PHBI/Ramadlan dan spontanitas bila terjadi musibah.

  1. Kegiatan lomba perorangan atau kelompok untuk melatih kekompakan/kerjasama,

sportifitas dan menggali kreativitas anak, diadakan lembaga sendiri maupun

lembaga lain.

  1. Kegiatan  pondok ramadlan.
  2. Senam bersama
    1. Renang                                                    8.    Seni Lukis / Kaligrafi
    2. Bela diri (Tapak Suci)                               9.    English Club
    3. Pramuka
    4. Komputer
    5. Tartil Qur’an
    6. Kesenian (Seni Musik dan Seni Suara)
D.3. Kegiatan Ekstrakurikuler

E.  KEGIATAN PENUNJANG / AKTIVITAS SISWA

E.1. Program Kesehatan Sekolah

  • Pemeriksaan kesehatan secara umum (gigi, telinga, kulit dan umum) satu semester

sekali oleh tenaga medis. (setiap hari Jum’at siang)

  • Pemberian imunisasi BIAS dari puskesmas.
  • Pemberian obat cacing.
  • Pengukuran berat badan dan tinggi badan satu semester 2 kali.
  • Pembinaan dokter kecil.
  • Pemberian pengobatan sederhana bagi yang sakit di sekolah.
E.2.  Bimbingan dan Konseling

ü      Mendata awal riwayat perkembangan anak.

ü      Mendata awal tipe belajar anak.

ü      Mendata perkembangan anak.

ü      Menangani siswa bermasalah dalam kepribadian dan prestasi.

ü      Konsultasi dan mengkomunikasikan perkembangan anak.

ü      Home visit bila diperlukan.

E.3.  Perpustakaan
ü      Menjadikan perpustakaan sebagai sumber adan media belajar siswa di sekolah.

ü      Melatih anak untuk gemar membaca

ü      Menjadikan materi perpustakaan kedalam materi bahasa Indonesia.

ü      Membuat jadwal kunjungan kelas

ü      Terbuka untuk wali murid

E.4. Program Conditioning (Pembiasaan) dalam beramal dan beribadah.

ü      Gerakan jum’at berinfaq untuk melatih anak gemar berinfaq .

ü      Penyembelihan hewan Qurban pada hari raya ‘Idul Adha

ü      Pembagian zakat fitrah

ü      Makan bersama.

ü      Sholat Dzuhur berjama’ah.

ü      Sholat Jum’at dan sholat dhuha

ü      Selalu berdo’a sesudah sholat dan dalam kegiatan sehari-hari.

ü      Gerakan menabung setiap pekan sekali untuk melatih hidup hemat.

ü      Menjenguk / mendo’akan teman yang sakit atau tertimpa musibah.

E.5. Peringatan Hari Besar Nasional dan Islam

Meliputi :

ü      Peringatan 17 Agustus.

ü      Halal bihalal.

ü      Peringatan Isro’ mi’roj.

ü      Peringatan 1 Muharam.

ü      Peringatan Maulid Nabi.

ü      Hari Pendidikan Nasional

E.6. Program Kedisiplinan dan Kepemimpinan Siswa.

Meliputi :

  • Upacara / Apel Pagi setiap hari Senin
  • Pembentukan petugas penegak disiplin siswa (PPDS).
  • Mengadakan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu)
  • Memberdayakan pengurus kelas
  • Menjadi petugas perpustakaan, petugas koperasi dan petugas dokter kecil
  • Latihan menjadi imam sholat
  • Latihan menjadi muadzin

E.7. Koperasi Sekolah

  • Koperasi sekolah menyediakan peralatan sekolah (alat tulis, buku, seragam dll)
  • Wahana untuk latihan jual beli sederhana atau bertransaksi.
  • Koperasi sebagai tempat belajar siswa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s